Minum air merupakan cara yang penting dilakukan untuk menjaga kesehatan dan memuaskan dahaga. Sayangnya, tidak semua orang cukup mengonsumsi air putih karena lebih memilih jenis minuman lain.

Air putih merupakan jenis cairan yang paling diperlukan oleh tubuh karena sejumlah manfaatnya. Secara umum, seseorang disarankan mengonsumsi air putih setidaknya delapan gelas dalam sehari.

Air putih juga disarankan sebagai minuman pertama yang dikonsumsi dalam satu hari. Ketika perut kosong, terdapat sejumlah manfaat yang bisa diperoleh tubuh ketika mengonsumsi air putih.

Mengonsumsi air putih saat perut kosong ini bisa jadi cara yang tepat untuk memenuhi air di dalam tubuh terutama setelah kosong selama beberapa waktu. Dilansir dari Boldsky, berikut sejumlah manfaat kesehatan yang bisa kamu peroleh dari minum air putih saat perut tengah kosong.

Membantu Menurunkan Berat Badan
Konsumsi air putih ketika perut kosong bisa jadi cara mempercepat metabolisme sehingga sangat membantu dalam menurunkan berat badan. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi 500ml air putih bisa meningkatkan metabolisme tubuh hingga 30 persen.

Mengeluarkan Racun
Manfaat lain dari konsumsi air putih di pagi hari adalah membantu menghilangkan racun dari dalam tubuh. Ginjal memerlukan air untuk menghilangkan racun dari aliran darah dan dikeluarkan dalam bentuk urine.

Membersihkan Perut
Konsumsi air dalam kondisi perut kosong bisa membantu membersihkan perut pada pagi hari. Hal ini membantu perut mengatur saluran pencernaan dan mencegah konstipasi.

Menurunkan Kalori
Minum air putih sebelum sarapan di pagi hari bisa membantu menurunkan auspan kalori dengan meningkatkan rasa kenyang. Hal ini bisa membuatmu jadi tidak makan secara berlebihan.

Meningkatkan Mental
Langsung mengonsumsi air putih setelah bangun tidur bisa membantu meningkatkan performa {mental|psychological}. Hal ini termasuk mengingat kembali memori dan mempelajari hal baru.

Membantu Pencernaan
Secara khusus, konsumsi air hangat di pagi hari ketika bangun bisa membantu memperlancar pencernaan. Air hangat memainkan peran pentang dalam mencerna makanan yang masuk ke perut.

Memperkuat Ketahanan Tubuh
Ketika perut kosong, konsumsi air putih bisa membantu meningkatkan ketahanan tubuh dengan melawan infeksi yang terjadi. Secara alami, air bakal membuang sampah dan bakteri lain di tubuh yang bisa menyebabkan infeksi dan penyakit.

Mencegah Sakit Kepala
Dehidrasi bisa menjadi penyebab terjadinya sakit kepala dan migrain. Konsumsi air pada saat perut kosong bisa membantu meredakan sakit kepala dan migrain.

Membantu Organ Dalam Tetap Sehat
Konsumsi air pada saat perut kosong bisa membantu organ dalam di dalam tubuh berkerja secara semestinya. Hal ini bisa membuat sistem tubuh tetap sehat dan keseimbangan cairan dalam tubuh tetap tepat.

Mencerahkan Kulit
Kulit juga bisa mendapat manfaat dari konsumsi air putih ketika perut tengah kosong. Hal ini bisa membantu mengurangi jerawat, kulit kering, serta membantu memberi tampilan kulit yang lebih lembap.

Meningkatkan Energi
Minum air putih di pagi hari juga bisa jadi cara meningkatkan energi secara instan. Pasalnya, ketika kamu mengalami dehidrasi di pagi hari, maka kamu bisa merasa lelah.

Konsumsi air di pagi hari terutama saat perut kosong merupakan hal yang disarankan. Namun lakukan secara perlahan dan jangan berlebihan ketika belum biasa karena bisa menimbulkan rasa mual dan kembung. [RWP]

Baca juga:
Minum Air Sambil Berdiri Bisa Sebabkan Lebih Cepat Buang Air, Benarkah?
Menurut Pakar Kesehatan, Ini Dampak Negatif Minum Air Putih Berlebihan
Air Putih Setelah Berolahraga Dianggap Lebih Baik Dibanding Minuman Berelektrolit
Berapa Jumlah Ideal Air Putih untuk Diminum Setelah Berolahraga?
Menurut Dokter, Sedia Air Putih untuk Cegah Dehidrasi saat Cuaca Panas