Setiap orang pasti ingin mendapatkan tubuh yang sehat dan kuat, sehat itu murah dan mudah, Anda hanya perlu memperbaiki kebiasaan hidup lebih baik, seperti rajin berolahraga, istirahat yang cukup dan mengatur pola makan sehat. Pola makan sehat adalah mengatur jenis makanan yang akan dikonsumsi dan waktu mengkonsumsinya, sehingga kebutuhan terpenuhi dengan baik. Hal ini penting dilakukan bukan hanya untuk melindungi diri dari beragam penyakit, tetapi juga membuat kesehatan mental lebih baik.

Makanan sehari-hari yang Anda konsumsi sangat mempengaruhi kesehatan Anda, konsumsilah makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan yang diolah dengan tepat untuk memenuhi kebutuhan tubuh Anda. Pola makan yang sehat memberikan tubuh energi beraktivitas dan zat besi untuk menjalankan fungsinya dengan baik.

5 Tips Memulai Pola Makan Sehat

Mungkin sebelumnya Anda tidak memperhatikan hal ini dan menganggap ini sepele. Namun untuk mendapatkan hidup yang lebih sehat, Anda bisa memulai pola makan sehat berikut tips yang bisa anda lakukan yaitu

1. Tidak Lupa Sarapan

Sarapan sangat penting dilakukan, karena di waktu inilah Anda mendapatkan energi untuk beraktivitas seharian. Tahukah Anda bahwa sarapan yang sehat melindungi Anda dari risiko penyakit, salah satunya penyakit diabetes tipe 2 [3]. Namun bukan sekadar sarapan, Anda juga perlu memilih makanan yang tepat untuk sarapan. Berikut makanan sehat untuk sarapan yaitu:

  • Makanan berkarbohidrat kompleks seperti nasi merah, oatmeal dan sereal
  • Makanan yang memiliki kandungan serat tinggi seperti sayuran, buah-buahan, sereal gandum, dan chia seed
  • Sumber protein yaitu biji-bijian, telur, susu dan yoghurt

2. Mengolah Makanan dengan Tepat

Tips memulai pola makan sehat selanjutnya yaitu dengan memperhatikan pengolahan makanan. Tahukah Anda bahwa memegang, menggoreng, dan dibakar merupakan teknik mengolah makanan yang kurang dianjurkan, karena dapat merusak gizi yang terkandung dalam makanan [2]. Alangkah baiknya jika anda mengolah makanan dengan cara direbus, kukus dan tumis sedikit minyak.

3. Hindari Pemakaian Bumbu Penyedap Berlebihan

Saat mengolah makanan, ada baiknya Anda menghindari penggunaan bumbu penyedap yang berlebihan. Kalau perlu, Anda bisa menghindari sepenuhnya penggunaan bumbu penyedap, karena hal tersebut mengandung unsur senyawa monosodium glutamat (MSG) yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan tertentu.

4. Kurangi Konsumsi Gula

Tips memulai pola makan sehat selanjutnya yaitu mulai belajar mengurangi konsumsi gula. Dessert seperti cupcake, es krim, brownies memang menggoda lidah, namun tahukah Anda, terlalu banyak mengkonsumsi gula atau makanan manis juga tidak baik untuk kesehatan lho! Jika dibiasakan, hal tersebut memicu penyakit diabetes, jika sudah terkena diabetes, Anda rentan terkena berbagai penyakit kronis lainnya di masa depan seperti penyakit jantung dan stroke.

Lakukan perubahan secara perlahan, misalnya dengan mengurangi asupan gula dalam makanan, hindari makanan atau minuman kemasan karena mengandung banyak gula. Jika ingin makanan manis dan segar, Anda bisa mengkonsumsi buah saja, karena gula yang terkandung dalam buah lebih sehat.

5. Makan Teratur dan Tepat Waktu

Tips pola makan sehat selanjutnya yaitu dengan membuat aturan atau waktu makan yang tepat. Pasalnya kebiasaan makan teratur bisa membantu tubuh menurunkan risiko obesitas dan mengontrol kolesterol [3].

Seperti yang diketahui bahwa laju metabolisme tubuh berbeda-beda, misalnya di malam hari metabolisme akan melambat karena tubuh mulai beristirahat. Oleh sebab itu, Anda tidak dianjurkan makan saat larut malam. Anda juga harus memperhatikan jenis makanan yang dimakan, porsi, waktu makan, dan keamanan pangan. Pilihlah makanan dengan kandungan protein, karbohidrat kompleks dan lemak sehat untuk memenuhi vitamin dan mineral tubuh.

Hidup Sehat dengan Makanan Bergizi dan Minum Air AQUA

Saat menerapkan pola makan sehat, pastikan Anda minum air putih yang banyak dan cukup untuk memenuhi kebutuhan mineral tubuh. Pasalnya sekitar 60% komposisi tubuh terdiri dari air [1]. Setiap hari, cairan tubuh dapat terkuras melalui urine, keringat, bahkan ketika Anda bernapas. Hal inilah yang membuat Anda penting untuk memenuhi kebutuhan cairan setiap hari dengan minum air putih yang banyak.

Tahukah Anda, minum air putih banyak bukan hanya membuat tubuh terhidrasi saja, tetapi juga membuat tubuh lebih sehat dan kuat serta terhindar dari berbagai penyakit, seperti gagal ginjal, jantung, anemia, dan lainnya. Sangat penting bagi Anda untuk memilih air yang sehat, salah satunya air AQUA. AQUA merupakan air mineral berkualitas yang memiliki kandungan kalsium, kalium, zat besi dan kandungan lainnya yang bermanfaat untuk tubuh.

AQUA memiliki 3 perlindungan yang bisa Anda dapatkan yaitu melindungi ekosistem sumber airnya, melindungi mineral yang terkandung dalam air agar tetap alami, serta memproses AQUA dengan baik guna melindungi kualitas AQUA hingga ke tangan konsumen.

Untuk melindungi ekosistem sumber airnya, AQUA melakukan perawatan ekosistem di sekitar sumber air demi keberlangsungan kualitas dan keberagaman dalam ekosistem tersebut. Adapun untuk menjaga kealamian air mineral, AQUA melakukan penyaringan air dengan pasir dan batuan vulkanis dan AQUA juga melakukan pengawasan dengan teknologi canggih agar tetap berkualitas.

Itulah beberapa hal mengenai tips memulai pola makan sehat dan minum air AQUA untuk mendapatkan hidup yang sehat dan lebih baik. Yuk minum AQUA!

Referensi:

  1. https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-pola-hidup-sehat/?amp=1
  2. https://www.klikdokter.com/rubrik/read/2700362/11-cara-tepat-untuk-memulai-pola-makan-sehat
  3. https://hellosehat.com/nutrisi/tips-makan-sehat/pola-makan-sehat-untuk-orang-sibuk/?amp=1
  4. https://www.sehataqua.co.id/kandungan-air-mineral-yang-baik-untuk-tubuh/