Pandemi Covid-19 akhir-akhir ini mulai menurun, itu tandanya masyarakat sudah bebas berwisata, misalnya ke Makassar. Ada banyak objek wisata yang bisa dikunjungi di Makassar, salah satunya Pantai Losari.

Pantai Losari merupakan ikon wisata dari Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia. Bahkan, pesona pantai ini sudah terkenal sejak tahun 1930-an, loh! Di pantai ini, ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan oleh pengunjung. Oleh karena itu, ada baiknya masyarakat mempersiapkan segala kebutuhan jika ingin berkunjung ke Pantai Losari.

Ada juga banyak pilihan hotel dekat Pantai Losari yang bisa kamu singgahi. Bagi yang bingung apa saja yang harus dipersiapkan, berikut informasi untuk persiapan sebelum berwisata ke Pantai Losari:

Perlengkapan Olahraga

Tak hanya Jakarta yang punya Car Free Day (CFD), di Pantai Losari pengunjung juga bisa melakukan kegiatan olahraga. Pasalnya, hari Minggu di Pantai Losari merupakan hari bebas kendaraan bermotor yang berlangsung sampai pukul 10 pagi saja.

Kesempatan itu bisa digunakan pengunjung untuk melakukan aktivitas fisik, misalnya jogging atau bersepeda di pagi hari. Setelah kalori terbakar, bisa dilanjutkan dengan sarapan bubur ayam, baroncong, atau nasi kuning.

Uang yang Cukup

Saat berkunjung ke Makassar, terutama Pantai Losari, rasanya belum afdol jika tidak mencoba berbagai makanan khas daerah tersebut. Siapkan uang yang cukup, karena ada banyak makanan enak yang bisa dicoba di Pantai Losari, contohnya pisang epe yang populer.

Pisang epe ini sangat mudah ditemukan di tenda-tenda di kawasan Pantai Losari. Pisang epe adalah pisang yang dibakar dan dibuat pipih, lalu dicampur dengan air gula merah. Supaya lebih lezat, santap selagi hangat dengan tambahan berbagai topping, seperti keju, selai stroberi, dan lain-lain.

Tak hanya pisang epe, di malam hari, pedagang makanan laut biasanya mulai beroperasi di area Pantai Losari. Jadi, wisatawan juga bisa mencoba seafood ditemani pemandangan Pantai Losari di malam hari yang indah.

Kamera dan Outfit yang Kece

Selain wisata kuliner, ada banyak tempat yang bisa dikunjungi oleh wisatawan di area Pantai Losari. Sebut saja Masjid Terapung, Masjid 99 Kubah, Makassar Art Galery, dan Patung Pahlawan.

Banyaknya tempat menarik, sayang jika tidak mendokumentasinya dalam bentuk foto, bukan? Oleh karena itu, rasanya wajib untuk membawa kamera dan menggunakan outfit yang bagus saat berkunjung ke Pantai Losari.

Pengunjung beragama Islam bisa melaksanakan shalat di Masjid Terapung atau Masjid 99 Kubah, sekaligus melihat-lihat desain kedua masjid itu yang begitu indah. Selain itu, ada pula wisata estetik yang Instagram-able, yaitu Makassar Art Gallery. Jika beruntung, pengunjung bisa melihat langsung seorang pelukis yang melukis langsung di sana.

Wisata sejarah juga ada, misalnya Patung Pahlawan. Pengunjung bisa berfoto di depan patung tersebut sambil mempelajari sejarah tentang Sulawesi Selatan.

Di penghujung hari, rasanya belum lengkap jika tidak melihat sunset di Pantai Losari yang terkenal sangat indah.

Ada banyak rekomendasi hotel Makassar yang unik dan hotel di Makassar dengan harga yang murah yang bisa kamu ketahui juga. Simak terus informasi updatenya, ya!